ON/OF DAN SEBUAH PENYADARAN





Oleh John Heryanto

Bila teater menjadi gerakan sosial maka dramaturgi harus membuat kontruksi estetiknya
Bila teater menjadi gerakan politik maka dramaturgi harus membuat kontruksi estetiknya
(BenJon)

Dari raung yang gelap seperti sebuah lagu rock mengalun dan lampu-lampu yang berkejaran seperti sebuah pub lalu orang-orang berbondong sepeperti semut, selamat datang inilah mimpi, siapakah yang mau” ucap seorang yang berdiri dipanggung atas diantara pemain musik.
Sebuah kenangan lahir disini sepeti gerimis, adegan terus bergulir dari teks-teks puitik dengan gaya deklamasi tentang sebuah kisah bagaimana mulanya seseorang menjlani hidupnya di sebuah kota metropolitan pada masa krisis moneter, sebuah mimpi tentunya bukanlah pelarian dari ketidakmampuan menjalani hidup maka dari itulah lelaki tersebut membangun hidupnya dengan menjual sabu sampai pada akhirnya ia menyadari bahwa ada yang salah dalam caranya menentukan pilihan hidup maka dari itulah ia mengakhiri semuanya selepas perjalan dari sel ke sel penjara. Ada pesawat kertas yang berterbang diatas kepala penonton dan surat-surat yang baru saja di tulisnya yang di bagikan kepenonton. Semacam pernyatan tentang sebuah takdir.
Pertunjukan tersebut terinspiarsi dari kisah nyata hidup BW, mungkin ini semacam catatan dari ingatan seorang napi bahwa ada banyak cara dalam membangun hidup dengan tidak mesti berjulan sabu, pepatah klasik mengatakan bahwa banyakjalan menuju roma.
Seni adalah aksi dan gerakan
(albert Camus)
Seni tentunya bisa berdamai dan menjadi apa saja sebab seni tak lebih dari pada sebuah senjata atau medium yang lahir dari realitas (aistenasai)dimana seniaman itu ada, pertunjukan on/of (26/4/14) di Lapas Bancey merupakan sebuah terapi alternative untuk memulihkan kecanduan narkoba, terapi dengan metode seni tentunya berbeda dengan scine dimana wilayah episteme dan praktikal wisdom dibangun secara bersamaan yang tak sebatas orexis bahkan sampai pada perjalan intuitif, dan on/of adalah pertunjukan yang ketiga kalinya di lapas bancey dari teater Casanova dan teater D 13 Lapas Bancey.

Related

Teater 6801142575601167968

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

item