FESTIVAL TEATER REMAJA JAWA BARAT KELIMA RESMI DIGELAR


Suasana pembukaan FTR V | Foto: Ajang Mp

Bunyi perkusi dan alunan kecapi sontak menarik perhatian orang-orang yang sudah berkumpul di halaman depan ISBI Bandung. Lalu dari arah depan sekelompok anak kecil menari diiringi musik dengan latar kesundaan. Para peserta FTR V dan penjabat ISBI Bandung masuk disambut dua orang pantomim yang memerankan tokoh Lengser "Aki" dan Ambu menuju depan Sunan Ambu. Di sana pantomim yang berkolaborasi dengan anak-anak menghibur seluruh peserta dan penonton yang hadir. Selain perrtunjukan pantomim dan perkusi, juga ada persembahan tarian Jaipong oleh mahasiswa Jurusan Tari ISBI Bandung, lalu dilanjutkan dengan Fashion Show oleh mahasiswa Jurusan Tata Rias dan Busana ISBI Bandung; mempertunjukan padauan warna dan variasi kostum yang bermacam bentuk. Performing open ceremoni ini diakhiri dengan pelepasan balon dengan membawa tema FTR V.

Performing tadi merupakan rangkaian acara pembukaan FTR V (Festival Teater Remaja) se-Jawa Barat yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teater (KMT) ISBI Bandung, pada tanggal 19 Maret 2016 dimulai pukul 10.00 wib sampai 11.30 wib, di depan gedung kesenian Sunan Ambu ISBI Bandung. Opening ceremoni ini juga sebagai bentuk dari rangkaian acara pertama dari beberapa rangkain acara FTR V, sekaligus peresmian secara simbolis oleh perwakilan lembaga ISBI Bandung.

Festival Teater Remaja (FTR) se-Jawa Barat merupakan progam rutin yang dilaksanakan dua tahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teater yang dinamai  KMT (Keluarga Mahasiswa Teater). FTR ini sudah berjalan yang ke-5 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 oleh mahasiswa teater angkatan 2005. FTR ini merupakan wadah pertemuan kelompok teater remaja tingkat SMA/SMK ataupun sanggar, sebagai ruang kreatif dan diskusi serta menjadi arena pembacaan terhadap pemetaan wacana yang terjadi dikalangan teater pada tingkat remaja se-Jawa Barat.

“FTR V adalah surganya orang-orang yang mencintai teater” cetus Iwan Setiawan selaku Ketua KMT ISBI Bandung. “Di acara ini memang akan bertemu banyak gagasan-gagasan yang menarik bagi perkembangan teater remaja di jawa barat itu sendiri. akan terbuka ruang-ruang diskusi antara sesama peserta dari berbagai daerah dengan pengamat dan juri. Sehingga hasil yang di  dapat tidak hanya terpusat pada nominasi-nominasi juara saja. Tetapi akan banyak sekali yang di dapat dari penyelenggaraan FTR V ini.” jelas Iwan  lagi sambil membenarkan syal kuning di lengan kanannya. 

Pantomim dan tata rias busana | Foto: Ajang Mp
M. Habib selaku ketua pelaksa FTR V pada opening ceremoni ini memberi laporan kegiatan dan menjelaskan, FTR V kali ini di bertema “kamu pikir kamu siapa?” dengan maksud untuk merespon kembali fenomena yang terjadi di kalangan remaja saat ini. Pada festival kali ini dilakukan sistem pengkurasian oleh panitia bekerjasama dengan  kurator teater, dan terpilih 16 kelompok teater dari 33 peserta yang mendaftar se-Jawa Barat. FTR V di mulai dari tanggal 19 maret sampai 27 maret 2016.

Setelah laporan kegiatan dari ketua pelaksana, sambutan sekaligus peresmian oleh lembaga ISBI Bandung yang diwakili oleh bapak Dedi Setiadi selaku pembina KMT. Persemian FTR V dilakukan dengan menabuh perkusi dan disusul oleh tepuk tangan peserta dan seluruh penonton. "Rektor ISBI Bandung sendiri tidak dapat hadir dalam acara pembukaan ini sebab sedang ada rapat lembaga", ungkap bapak Dedi Setiadi dalam sambutannya.

Opening cermoni ini dihadiri oleh peserta FTR V dan perwakilan dari lembaga ISBI Bandung, pembina KMT (Dedi Setiadi), Kasubag Kemahasiswaan (Hendra Permana), Kasubag Kemahasiswaan Fakultas Seni Pertunjukan (Asep Budiman) dan apresiator dari luar maupun dari dalam ISBI Bandung.

Mulai dari tanggal 19 maret sampai 25 maret 2016 FTR V akan menampilkan 16 peserta dari berbagai daerah. Di antaranya; Teater citra SMAN 3 Subang, Teater  Tasbeh SMAN 1 Baleendah, Teater Gawe SMKN 3 Tasikmalaya, Teater Prabu Kota Bogor, Teater Air SMAN 9 Bogor, Teater beska SMK Bhakti Kartini Bekasi, Teater Bunga SMAN 5 Karawang, Teater Nur SMK Nurul Cianjur, Teater Beta MA at-taqwa pusat putra, Teater madya SMA Rimba Madya Bogor, Bengkel sastra SMKN 1 Majalaya, Teater kompeni SMKN 1 Kota Bogor, Teater Satu  Jam SMAN 1 Telukjambe timur karawang, Teater Rasa SMK Bina Ilmu Mandiri Bekasi, Teater awal SMAN 6 Garut, Teater Kipas SMAN 2 Kota Bekasi. [Ganda/GSW]

   

Related

Teater 8547410164810443760

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

item