CIATER, LADANG USAHA BAGI SEMUA WARGA

*Berita hasil pelatihan Jurnalistik dan penerimaan anggota baru Daunjati.

Daunjati— Minggu (24/4), Kampung Wisata Ciater yang terletak di Kampung Babakan Gunung Palasan, Desa Ciater, Subang, Jawa Barat merupakan Kawasan Wisata Alam yang pada mulanya dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. Tetapi, dalam perjalanannya kepemilikan kontrak Kampung Wisata Ciater tersebut diambil alih seorang pengusaha bernama Heri hingga saat ini.

Ibu Euis (50) istri Ketua RW 01 Desa Ciater, saat ditemui di tempat usahanya Penyewaan Villa Jl. Lama Ciater, Desa Ciater, menuturkan soal kontrak yang kini justru ingin diambil alih lagi oleh pihak Pemerintah Daerah, “Bocoran dari suami saya sih, masalah ini masih belum jelas soalnya masih pada rapat mediasi pihak Pemda, Pengelola Swasta sama Tokoh Masyarakat sininya juga”, paparnya sambil tertawa malu-malu.

Kampung Wisata Ciater telah memberikan dampak yang baik bagi perekonomian warga sekitar, bahkan warga dari luar Desa Ciater, “Adanya Wisata Ciater ini membuka peluang usaha buat semuanya (warga Desa Ciater). Bukan cuma yang punya villa, tapi semua rumah yang ngga disewain tadinya, penuh semua kalau tahun baru disulap weh jadi villa dadakan”, ujar Ibu Yayan, seorang warga asli Desa Ciater saat ditemui di tempat lain.

Kendati permasalahan kepemilikan kontrak yang belum jelas, baik Ibu Euis maupun Ibu Yayan saat ditemui di tempatnya masing-masing, masih mengharapkan agar seluruh warga Desa Ciater tetap bisa merasakan dampak yang baik dari hadirnya para wisatawan ke Kampung Wisata Ciater, “Ibu mah nu penting semua warga senang lah”, pungkasnya.


                                                                      [Naufal W. Hakim, Teater/Wartawan Magang 2016]

Related

Luar Kampus 6336354214794685852

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

Recent

Comments

item