Headlines News :
Home » » WARGA CIATER DAN PERUBAHAN GAYA HIDUP

WARGA CIATER DAN PERUBAHAN GAYA HIDUP

Written By LPM DAUNJATI on Jumat, 29 April 2016 | 04.22.00

*Berita hasil pelatihan Jurnalistik dan penerimaan anggota baru Daunjati.

Daunjati- Minggu, (24/04) Kawasan Wisata Air Panas Alam Sari Ater dikunjungi oleh pengunjung yang datang dari berbagai tempat. Kawasan wisata ini menjadi tempat favorit pengunjung yang hendak berlibur sembari menikmati Air Panas alami dari alam. Keramaian yang tercipta membuat warga Ciater, subang jawa barat, memandang ini sebagai peluang besar untuk memperbaiki perekonomian keluarga. Selain warga ciater yang memanfaatkan kondisi ini warga pendatang bahkan dari luar pulau jawa pun mencoba peruntukan di Kawasan Wisata Air Panas Alam Sari Ater ini.

            Semenjak 9 tahun dibukanya sari ater sebagai tempat wisata, yang pada awalnya dikelolah oleh pemerintahan setempat yaitu desa ciater, dan kemudian pemilik Sari Ater menyewa objek wisata ini hingga sekarang, banyak perubahan terjadi. Diantaranya adalah desa Ciater menjadi tempat objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari sekitar indonesia, bahkan dari mancanegara, selain perubahan mata pencarian warga ciater dari petani ke pedagang, dan tidak hanya warga ciater yang memandang ini sebagai peluang namun pedang dari daerah-daerah di indonesia. Dengan kondisi desa Ciater saat ini memungkinkan banyakanya budaya luar yang datang dan memberi pengaruh besar budaya desa Ciater sebelum adanya Kawasan Wisata Sari Ater ini.

            Perubahan gaya hidup masyarakat Desa Ciater dilihat dari seorang pedang yang dulunya petani pak Darso, perbuahan gaya hidup masyarakat disini bukanlah dikarenakan hadirnya Kawasan Wisata Sari Ater, namun perubahan ini dikarenakan perkembangan jaman, yang menghadirkan banyak pilihan gaya hidup. Bapak darso memilih sebagai pedagang dengan tujuan untuk merubah peruntukan beliau, namun pak Darso tidak sepenuhnya meninggalkan kegiatan bertaninya. Dari perbicangan hangat saya dengan pak darso,  Kawasan wisata sari ater ini membawa perubahan perekonomian bagi warga Ciater. Selain itu pengunjung yang datang untuk berlibur menjadi hiburan bagi warga desa Ciater.

                                                                 (Ronny Sababalat, etnostudi/wartawan magang 2016)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Media Etno | Ronny Sababalat
Copyright © 2011. daunjati online - All Rights Reserved
Template Created by Ronny Sababalat Published by Ronny Sababalat
Proudly powered by Blogger