PAMERAN LUKISAN CERITA RUPA -KEANU-, PAMERAN KENANGAN EMAS DUNIA ANAK-ANAK


Daunjati, Bandung (29/5)  ̶ ̶  Bocah 6 tahun bernama MS Keanu Artha Art Prie Sukarya telah berhasil mengadakan pameran tunggal lukisan pertamanya bertajuk “Cerita Rupa” pada 16-29 Mei.

Pameran yang diadakan di Thee Huis Gallery Balai Taman Budaya Jawa Barat Jalan Bukit Dago Selatan Kota Bandung menampilkan lebih dari 20 karya yang menggunakan medium akrilik di atas kanvas.

Bambang Sapto, sebagai Kurator Pameran “Cerita Rupa” mengatakan bahwa Keanu berhasil merekam kenangan emas anak-anaknya ke dalam seni rupa.

Lukisan karya Keanu hadir sebagai narasi imajinasi dunia anak-anak, di antaranya lukisan berjudul Perang Lawan Korea, Kalau Ada yang Rusak Diperbaiki, Perang Belum Ada Musuh, dan 2 Pesawat 2 Orang 2 Rumah muncul sebagai perekaman kenangan dari kegemaran Keanu bermain game console Grand Theft Auto (GTA) V.

Karena dia tuh sukanya main GTA, makanya yang banyak digambar gedung, jembatan, sama jalanan, ujar Prie, saat bercerita keseharian putranya, selain melukis dan belajar di bangku TK B Istiqomah.

Prie, yang juga seorang seniman rupa dan dosen ISBI Bandung, memaparkan cerita ide awal tercetusnya Pameran “Cerita Rupa” yang muncul secara kebetulan. Saat itu, awalnya Prie berniat mengadakan pameran untuk lukisan-lukisan karyanya. Ia menghubungi Diyanto, Kurator Thee Huis Gallery, dan kemudian meminta untuk datang ke kediamannya. Namun saat di kediaman Prie, secara kebetulan Diyanto menemukan salah satu lukisan Keanu dan sontak berkata: “Wah kamu nanti saja-lah kalau begitu, anak kamu saja dulu yang pameran!”.

Jadilah saya mengalah dulu, biar anak saya yang duluan pameran. Lucu pokoknya, tapi pameran saya tetap jadi dilaksanakan Oktober nanti, lanjut Prie sambil tertawa geli.



Pameran yang berlangsung dua minggu ini, selain pameran yang dibuka gratis untuk umum, juga menyuguhkan sesi diskusi di tanggal 25 Mei yang dihadiri Praktisi Seni dan Pengajar TK. Sempat terjadi debat sengit antar keduanya. Kubu Pengajar TK menanggapi kritis lukisan karya Keanu, bahwa lukisan Keanu tak sejalan dengan konsep ajar tahap TK: tidak boleh keluar garis, gradasi warna yang rapi dan bentuk-bentuk yang jelas.  Praktisi Seni yang dalam hal ini mengapresiasi karya Keanu sebagai karya seni utuh menilai, justru dalam melukis tak boleh terlalu diatur, termasuk untuk anak-anak, mereka harus dibiarkan menggambar dan melukis sesuai naluri dirinya sendiri.

Namun, Prie sebagai ayah tak terlalu ambil pusing akan hal-hal demikian, Prie hanya menginginkan Keanu tumbuh dengan jalur yang dipilihnya sendiri agar sesuai dengan bakat dan minatnya.

Tapi dia mah pas diskusi ketawa aja sambil main GTA, da belum mengerti, tambahnya lagi.


[Naufal W. Hakim/ Wartawan Magang]

Related

Seni Rupa 5727250882373595723

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

item