Headlines News :
Home » » DARI TASTE OF CHERY, MELAKONI HIDUP SEBAGAI PENCARI MAUT

DARI TASTE OF CHERY, MELAKONI HIDUP SEBAGAI PENCARI MAUT

Written By LPM DAUNJATI on Sabtu, 02 Juli 2016 | 18.58.00

John Heryanto

Taste Of Chery
Bermula dari seorang lekali paruh baya, Badii (Homayon Ershandi) dengan sebuah mobil berkeliling Teheran mulai dari pusat kota, pelosok sampai ke pinggiran. Seperti turis, ia tak ada aktifitas kecuali berkendaran dan menyapa siapaun yang ditemuinya.

Tetapi ia bukan lah seseorang yang menghabiskan seluruh waktunya untuk berlibur melihat pemandangan kota sekedar mencari angin segar semata. Melainkan mencari orang, siapapun yang bersedia melemparkan tanah pada tubuhnya ketika tidur  di lubang kubur yang telah disiapkan sebelumnya. Badii akan bunuh diri dan sang pekerja hanya cukup mengunakan waktu yang singkat, sekedar melempar tanah dan upah besar di tangan. Dan nyatanya, sulit mencari orang yang mau membatu untuk bunuh diri.

Badii tak pernah mengatakan kepada siapapun mengenai alasannya untuk  bunuh diri, sebab baginya siapapun tak bisa merasakan, sekedar memahai kesakitan itu sendiri. barangkali hidup tak lebih dari menajalani kutukan ketika seseorang terlahir sebagai manusia, sejak itulah ia bukanlah apa-apa; tak pernah benar-benar ada. Ia sejenis penjara, sebatas kepura-puraan dan omong kosong. Pada kematianlah manusia menemukan kebenaran atas dirinya ‘being’. 
  
Taste Of Chery
Taste of Chery (1997) mecoba membongkar hakikat  hidup dengan gambar-gambar yang sederaha, tidak seperti film drama pada umumnya yang mengaru biru dengan dramatis dan lebay. Semuanya biasa-biasa saja, sebagai mana adanya; santai dan bebas. 

Seperti yang terlihat dalam adegan akhir ketika malam; Badii tertidur untuk mati di lubang kubur, sang Sutradara Abbas  Kiarostami dengan seluruh kru film muncul memerintahkan para aktor untuk berbaris setelah berlari dan filmpun berakhir di ujung kamera. Seakan mengatan bahwa hidup sebatas sandiwara, semuanya palsu.

Minimalis menjadi strategi Abbas Kiarostami dalam Taste of Chery  selama 90 menit membongkar kesadaran penonton, menggugat hidupnya sendiri. bukan lagi sebagai obat tidur yang mebius dari kenyataan yang berjalan.


Taste Of Chery
Abass Kiarostami seorang penyair dan sutradara Iran yang dikenal dunia luas paska revolusi 1977 dengan film pertamanya Gozaresh (1977) . Sebagai perintis  dari gerakan seniman muda Iran ‘new wave’ bersama Forough Farokhzad, Sahrab Sahid Saless, Bahram Beizai dan Parviz Kimiavi. beberapa filmnya Ta’m-egilas (1997) Nema-ye Nazdik (1990), Zendegi va digar hich (1991), dll serta puisi-puisnya terbit ditahun 90-an. 
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Media Etno | Ronny Sababalat
Copyright © 2011. daunjati online - All Rights Reserved
Template Created by Ronny Sababalat Published by Ronny Sababalat
Proudly powered by Blogger