MAHASISWA PESERTA KKN ISBI BANDUNG SIAPKAN REKAYASA BUDAYA DI DESA UNTUK WISATA.

Pembekalan KKN ISBI Bandung. foto: John Heryanto

Daunjati, siang (25/7). Halaman Sunan Ambu  sejak pagi menjadi tempat bertemunya calon mahasiwa yang mengikuti test masuk; bertanya kabar, nomer kursi, ruangan dimana, dan lain - lian. Begitu pula di dalam gedung, seluruh mahasiswa semester 7 berkumpul mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak pukul 08 pagi sampai menjelang dzuhur. Senada dengan penuturan Husen Hendriyana selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat: “Peserta KKN priode 2016 yang tercatat sampai hari ini berjumlah 167 mahasiswa yang akan ditempatkan di 7 desa di Kecamatan Ciwidey dan 10 desa di kecamatan Pasir Jambu” dari tanggal 30 juli – 8 September 2016”.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki konsep pembangunan (development) yang mengarah pada paradigma pemberdayaan (empowerment) yang bersipat kontekstual berdasarkan kebutuhan di desa dan professional.  Kuliah Kerja Nyata pada akhirnya menjadi senejis life education tempat bejar dan berbagai secara langsung dengang kehidupan. hal ini pula yang diharapkan oleh Een Hendriyani bahwa “mahasiswa mestilah mampu membaca dan menemukan potensi desa meski sulit, dengan cara itulah ia dapat mengabdikan dirinya disana.” 

Pembekalaan KKN ISBI Bandung. foto: John Heryanto
Sedangkan Benny Yohanes menekankan pada langkah-langkah yang mesti diambil oleh mahasiwa ketika berada di desa “Studi Indentitas Desa (SID) mestilah dilakukan pertama kali oleh mahasiswa ketika berada disana sebagai jalan untuk menemukan komodifikasi seni dari pengembangan lokalitas”. 


Selain itu Yohanes menjelaskan bahwa “apa yang dilakukan mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) kali ini menjadi langkah awal untuk rekayasa budaya sebagai model destinasi wisata di Kabupaten Bandung, selanjutnya menjadi desa pembinaan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat (LPPKM) ISBI Bandung di kemudian hari.” 

Hal ini senada dengan pernyataan Dadang Mustafa selaku Kasi Benda dan Cagar Budaya Parbud Kab. Bandung “kegiatan KKN ini, saya percaya dapat menjadi jalan untuk perkembangan seni dan budaya di kabupaten Bandung berdasarkan pengembangan kebiasaan masyarakat disana oleh mahasiswa disini, kedepannya dapat menjadi  ladang kebudayaan”


(John Heryanto)

Related

Kampusiana 3342308150044137507

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

Recent

Comments

item