DISKUSI MENOLAK MALL, HOTEL, DAN RUMAH SAKIT DI LAHAN EKS PALAGUNA




peserta diskusi



Bandung Daunjati (11/03), Aliansi warga Bandung bersama BEM ISBI Bandung mengadakan kajian yang bertajuk “ Palaguna, Asia Afrika dan Mahasiswa Bandung, sebuah pertaruhan”. bertempat di pendopo mundinglaya ISBI Bandung, yang menghadirkan tiga narasumber Dadan Ramdan ketua wahana lingkungan hidup Jawa Barat (WALHI JABAR), Herry Dim , dan Rahmat Jabaril.

Gerakan aliansi warga Bandung ini muncul sebagai reaksi terhadap rencana LIPPO group, PD Jawi  (BUMD Pemprov Jabar), dan pemerintah kota(sebagai pemegang kebijakan otoritas perijinan) yang akan membangun mall, hotel, dan rumah sakit di lahan ekspalaguna, yang kelak akan menjadi milik privat .

Dalam diskusi Dadan Ramdan selaku ketua WALHI mengatakan pembangunan eks Palaguna merupakan praktik ekonomi eksploitatif yang akan berdampak buruk kepada lingkungan. Beberapa alasan mendukung penolakan pembangunan tersebut dikarenakan eks palaguna berada di wilayah zona merah cekungan Bandung. jika dibangun akan menyedot air tanah sebanyak 100.000 liter/hari, menyebabkan kualitas air tanah semakin menurun, serta suhu udara Bandung akan meningkat.

selain kegiatan diskusi ini nantinya beberapa kegiatan penolakan akan berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 12 dan 14-15 Maret 2017 di area lahan eks Palaguna dan sekitar kawasan Alun-alun Bandung yang melibatkan komunitas yang terdiri dari seniman, aktivis lingkungan, dan warga bandung  guna mendukung aksi penolakan pembangunan di kawasan eks Palaguna.  



Darmin
(wartawan magang)

Related

Pendidikan 1295296230671073130

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

Recent

Comments

item