Headlines News :
Home » , , » YANG MERAMBAH PANGGUNG DI LUAR PAGAR KAMPUS

YANG MERAMBAH PANGGUNG DI LUAR PAGAR KAMPUS

Written By LPM DAUNJATI on Sabtu, 15 April 2017 | 22.44.00




DAUNJATI, Bandung - Soni, Robby, Yudha, Mas Ilham, Teguh, Acil, Denok dan Opoy adalah yang akhir-akhir ini sering berkumpul di sudut kampus memainkan musik, intens setiap jam 9 malam hingga larut, dengan memainkan lagu yang relatif sama setiap malamnya. Mereka adalah SUKAT, kelompok musik yang baru-baru ini mengeluarkan single dengan judul Bias Binar, yang bisa kita dengar pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=oBtyPSEIG9Y, atau jika ingin kita dengar secara langsung lagu ini memang akan dibuatkan syukuran khususnya tanggal 16 April ini. Acaranya diberi judul Showcase & Promo Single yang diadakan dalam sebuah tempat makan di sekitaran Dipatiukur.

Ketika 'jadwal' berlatih SUKAT dilakukan di Teater Kebun dekat Gerbang Kampus--yang sudah hampir dua tahun ditutup karena pembangunan galeri yang tidak jelas--alunan musiknya efektif terdengar ke tempat yang ada di sekitarnya; ke Gedung Teater, Gedung Tari, Taman Buaya, Sekre LPM Daunjati, bahkan Sekre Arga Wilis. Memang, di kampus seni realita semacam ini sudah jadi hal biasa setiap harinya. Seperti suara musik yang dimainkan keras di luar studio, anak-anak teater yang melakukan olah tubuh keliling kampus, orang melukis di taman, shooting film di tempat parkir atau anak tari yang masih memakai sanggul membeli pisang goreng ke kantin.

SUKAT tentu memang bukan yang pertama membuat ramai kampus malam hari, juga sebagai kelompok tugas akademik yang menjadi band pada akhirnya, bukan juga yang pertama. Tapi menurut pengakuan salah satu personilnya, bagi SUKAT hal ini adalah hal yang pertama dan spesial bagi mereka. Makanya acara Showcase nanti mengangkat tema 'Satu tahun lebih SUKAT selama proses berkarya'. Dalam hal ini, SUKAT semacam memiliki harapan yang serius dalam menceburkan diri dalam pasar panggung di luar pagar kampus. Panggung yang barangkali lebih nyata publiknya ketimbang di dalam kampus, ketimbang panggung-panggung inaugurasi ormawa atau dies natalis kampus. Panggung yang publiknya acak, tidak dapat diduga sebelumnya, tidak begitu SUKAT kenali juga sebelumnya. Upaya serius SUKAT tergambnar dalam pembuktian mereka merancang acara peresmian rilisnya Bias Binar yang dilakukan di luar kampus, mengundang sedikitnya 10 media partner, dan melibatkan publik media sosial sebagai yang mengiklankan juga. Langkah pertama adalah memang menyadari, realita panggung di luar kampus tidak hanya soal main sesuai teori, tapi di luar itu publik hari ini membutuhkan stimulus lewat kemasan di media sosial, packaging desain yang menarik dan itu semua tentu persoalan manajemen kelompok senimannya sendiri. Maka, sesuai dengan harapan awal SUKAT memutuskan menjadi sebuah kelompok musik yang serius, setelah awalnya sebatas penuntasan tugas akademik saja, kini tinggal publik yang menentukan apakah memberikan ruangnya untuk SUKAT terus berkarya?



SUKAT. SHOWCASE & PROMO SINGLE
16 april 2017 6 p.m – 10 p.m
At Butterfield Kitchen Jl. Dipatiukur no.5 Bandung

Opening Performance :
Kaawang awang
Afternoonsay

SUKAT
site Facebook : sukat music
Instagram : sukatmusic
Youtube : sukat music
CP : 085794620360 (Whatsapp/call)

Link Audio
https://www.youtube.com/watch?v=oBtyPSEIG9Y
https://soundcloud.com/suk-at
https://www.reverbnation.com/sukatmusic https://open.spotify.com/artist/2BvWaF9HXHYKwHP4MBteq3


Naufal W. Hakim
Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Media Etno | Ronny Sababalat
Copyright © 2011. daunjati online - All Rights Reserved
Template Created by Ronny Sababalat Published by Ronny Sababalat
Proudly powered by Blogger