Headlines News :
Home » » PERFORMANCE NOW : MEMBACA STRATEGI JALANAN WANGGI

PERFORMANCE NOW : MEMBACA STRATEGI JALANAN WANGGI

Written By LPM DAUNJATI on Selasa, 23 Mei 2017 | 09.27.00

suasana diskusi


Bandung, Daunjati (23/05)- Performance Now, lembaga pengarsipan dan pengembangan seni performance Indonesia. Mengadakan diskusi terbuka  tentang “Strategi Jalanan”, dengan pembicara Wanggi Hoed (Seniman pantomim), bertempat di Lantai-2 Perpustakaan ISBI Bandung, 23 Mei 2017. Acara dibuka oleh moderator John Heryanto, Materi diskusi yang dimoderatori John, memaparkan strategi yang dilakukann Wanggi Hoed selama begelut di jalanan dengan pantomimnya. 

Ketika Wanggi melakukan aksi pantomim diruang publik, banyak hal yang menjadi pertimbangan Wanggi dalam melakukan aksi pantomim. Selain perijinan tempat, tidak luput Wanggi juga mempertimbangkan peran pers yang meliput aksinya. Bagi Wanggi bila kita tidak mengenal dengan baik lingkungan tersebut bisa berbahaya terhadap berjalanya aksi tersebut.

Pertama yang digunakan Wanggi adalah dengan riset, riset yang dimaksud Wanggi adalah mengenal keadaan dan lingkungan di daerah tersebut. Jika sudah mengenal lingkungan  yang akan dijadikan tempat melakukan aksi pantomim, langkah yang dilakukan wanggi adalah melakukan pendekatan dan meminta perijinan kepada orang yang memiliki kewenangan atas daerah tersebut dan menjelaskan maksud dan tujuan agar dipermudah.

Jika cara yang diatas sudah dilakukan, hal yang dilakukan Wanggi adalah melakukan performance dengan intens, dengan melakukan aksi performance dengan intens bisa merubah pandangan apresiator yang tadinya hanya lewat tanpa memperhatikan aksi yang dilakukan menjadi simpatik dan bertanya, saat apresiator mulai bertanya disanalah terjadi interaksi dimana seniman bisa menyebar luaskan gagasan yang ingin disampaikanya.

Cara yang terakhir yaitu Strategi Media, bagi Wanggi elemen penting dalam pertunjukan pantomimnya adalah pers, peran media dalam pertunjukan wanggi diletakan sebagai penyampai pesan kehalayak yang lebih luas. 

Bagi Wanggi peran Pers menjadi salah satu yang penting dalam aksinya selama ini, Karena dengan adanya pers yang meliput, isu yang dibawa saat performance bisa sampai juga kepada publik lain yang tidak datang pada saat aksi berlangsung. Bagi Wanggi aksi yang sering dilakukanya bukan hanya untuk Eksistensi sebagaimana yang perlu para pembaca ketahui “Street Art” bukan Mengamen tapi untuk membaca Ruang Publik dan berbagi Edukasi


Teguh Kurnia

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Media Etno | Ronny Sababalat
Copyright © 2011. daunjati online - All Rights Reserved
Template Created by Ronny Sababalat Published by Ronny Sababalat
Proudly powered by Blogger