EKA GANDARA WK, SANG NAGA DARI STB RAIH INVITATION TO THE THEATRE AWARD

Eka Gandara, Aktor senior Studiklub Teater Bandung raih penghargaan "Invitation To Theatre" . Foto: John Heryanto

Pelaku teater di Indonesia, khususnya di Bandung tentunya sudah tidak asig lagi dengan sosok aktor berbadan tegap dengan gaya berperan yang intim. Eka Gandara WK dikenal sebagi aktor yang serba bisa, selain piawai bermain peran ia juga pelatih silat dan Juru kawih sehingga ia dipercaya segai Ketua Panglawungan Kawih Jawa Barat (PKJB). Karir ke aktorannya di mulai ketika remaja di tahun 1965 bersama  Mang Koko ketika bermain gending karesmen atau opera sunda. Lantas mematangkan ke aktorannya di Studikub Teater Bandung (STB). Namanya mulai dikenal oleh publik luas, ketika bermain sebagai Sang Naga dalam pertunjukan “Sang Naga” (1974) karya Yegeny Schwartz terjemahan Wing Karjo dan sutradara Suyatna Anirun. Sedangkan di kalangan mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia, Eka Gandara WK dikenal sebagai dosen keaktoran yang ke bapaan. Meski sudah pensiun, namun cerita tersebut terus terwariskan higga kini.

 Barangkali, ia satu-satunya aktor teater di Bandung yang namanya selalu dibicarakan oleh banyak orang dari tahun ke tahun. Sebagaimana yang diakui oleh Agus R. Sarjono selaku direktur Invitation to the Theatre ; “Eka Gandara merupakan mitos teater di Bandung selain dari Suyatna Anirun, Mang Koko dan ASTI yang kini jadi ISBI Bandung, Maka sudah sewajarnya beliau dikukuhkan sebagai salah satu tokoh keaktoran dalam teater Bandung hari ini”.

Eka Gandara, Aktor senior Studiklub Teater Bandung raih penghargaan "Invitation To The Theatre Award" Foto:John Heryanto

50 tahun sudah, Eka Gandara menjadi aktor teater sejak 1965 hingga kini. Sepanjang itu pula ia tidak beranjak dari dunia kesenian di Jawa Barat muali dari melatih akting, musik, nyanyi dan lain sebagainya. Sehingga Gubernur Jawa Barat menganugrahinya Penghargaan Kebudayaan Jawa Barat (2012). Hal ini diakui pula oleh Rektor, Een Herdiyani; “Saya merasa bangga, ada orang seperti Eka Gandara yang sampai tua masih menjadi aktor, terlebih ia peduli terhadap pengembangan budaya”

“Invitaion to the Theatre Award” merupakan anugrah seni yang diberikan kepada para pelaku teater Indonesia. Bagian dari rangkai perhelatan “ Invitation to the Award” yang diadakan selama dua hari (16-17/11/17) di GK. Sunan Ambu dan Gk Dewi Asri. Peringatan ulang tahun Jurusan Teater yang ke-39. Selain pemberian penghargaan kepada pelaku teater, juga ada seminar dan pertunjukan teater. Anugrah tersebut diberikan secara berkala untuk pelaku teater yang senatiasa berada di jalan teater “ Anugrah ini diberikan bukan haya menimbang jasa dan peran serta penerima anugrah kepada teater, sekaligus memotivasi pelaku teater muda untuk lebih giat lagi dalam menekuni teater” Ucap Tatang Abdulah, Ketua Jurusan Teater.

(John Heryanto)

Related

Teater 7262044398768005771

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

item