KOLEKTIV ANARKO DI ISRAEL - PALESTINA

Salah satu aksi "Anarhist Against the Wall" di malam hari

Oleh: John Heryanto

“Di depan kita tentara selalau menembak, Memperlihatkan  wajah aslinya yang bernama Negara”

Hal inilah, yang kemudian mendororong muda-mudi lesbi, gay dan transeksual dari Israel-Palestina khususnya di West Bank dan Gaza menghimpun diri dalam  “Anarhist Againt the Wall” sejak 2003 hingga kini. Sekumpulan individu yang setiap harinya turun kejalan-jalan, menyerbu ke kemp-kemp pendudukan Israel, markas tentara dan gedung-gedung pemerintahan Israel. Sebab yang bernama ‘dialog’ dengan alih-alih ‘perdamaian’ disepanjang sejarah Israel dan Palestina. Hanyalah bumbu masak, agar pendudukan Israel dapat diterima dan masuk akal. Sebuah kelompok yang menuntut kesataraan antara warga Israel dan Palestina, Menolak Penajajahan Israel serta menolak segala kuasa yang berlaku.


Sejak tembok-tembok pemisah dibangun di berbagai kawasan pendudukan Israel “Jewis Againt  Ghettos” di tahun 2003.  Tembok yang menjadikan warga Palestina tak memiliki akses untuk terhubung dengan dunia yang lain, tak ada akses apa-apa selain  militer Israel. Sejak itu pula kaum transeksual di West Bank dan Gaza menyatakan sikap :“NO TO THE GHETTOS! NO TO THE WALL BETWEEN PEOPLE! END THE OCCUPATION!”. 

“Anarhist Againt the Wall” berjalan dalam aksi-aksi langsung, dan berhadap-hadapan dengan  kaum tiran secara terbuka baik melaui aksi damai maupun dengan jalan yang radikal. Pada setiap tahunnya pola dan aksi yang dilancarkan kelompok ini senatiasa berubah-ubah. Bertolak dari refleksi sebelumnya menuju pintu baru yang memperlihatkan kemungkinan lain dalam aksi-aksi langsung atau 'direct action'.  Tak dapat dipungkiri bila setiap aksi yang dijalankan selalu saja ada yang mati di tembak tentara Israel.

Tulisan ini, hanyalah gambaran sepintas tentang kelompok anrakis di Palestina dan Isrel. Setidaknya bahwa berbagi lapisan masyarakt turun serta melawan penjajahan di Israel. Kini gerakan gerakan “Anarhist Againt the Wall” telah berlipat dan menyebar di berbagai kota di Israel dan Palestina, tidak lagi di West Bank dan Gaza semata. 

Related

Demokrasi 7432917505755133323

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

item