LIBERTARIAS: SEHIMPUN CINTA PEREMPUAN SPANYOL

Potongan adegan Film " Libertarias" (1996)

Oleh: John Heryanto

“Runtuhkan Kapitalisme!, Runtuhkan Kapitalisme!... Panjang umur Revolusi libertarian !” Begitulah sorak-sorak para milisi anarkis, para pekerja turun ke jalan-jalan menghancurkan berbagai simbol keagamaan. Sebuah adegan pembuka dari kisah perempuan yang tergabung dalam  kolektiv Perempuan Merdeka (Mujeres Libres).

Libertarias” (1996) merupakan film drama sejarah yang berkisah  tentang gerakan perempuan di Barcelona pada masa-masa revolusi Spanyol tahun 1936-1939 melawan kediktatoran Fasis Fransco. Ditulis dan disutradari oleh Vincene Aranda.  Sebuah perjuangan yang tidak hanya untuk Spanyol semata tapi juga untuk kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari. Perempuan tak lagi menjadi tempat penampungan sperma laki-laki, tingggal di dapur dan di kasur melayani suami seperti perempuan lainnya di masa tersebut. Ia sama pula dengan laki-laki yang turun kejalan-jalan menggenggam senapan.

Potongan adegan Film "Libertarias" (1996) 
“Libertarias” (1996), yang sarat dengan pertentangan politik dan kekuasaan, namun disajikan secara halus dan romantik. Meski semua perempuan dalam film tersebut memegang senajata. Ia hanya mengolah grafik  perasaan, turun-naiknya emosi perempuan diantara cinta, situasi dan keterlibatan aktif  menuju revolusi sosial.

Kisah tentang seorang biarawati, suster  Maria (Arianda Gil) yang diajak bergabung ke milisi anarkis “Mujeres Libres” oleh seorang pejuang feminis bernama Pilar (Ana Bele’n). Namuan Maria selalu diliputi pertanyaan-pertanyaan akan kehidupan biara yang ditinggalkan. Ia diliputi kebimbangan dari yang sebelumnya hanya berpusat pada hubungan manusia dan tuhan semata, kini bertranspormasi menjadi hubungan manusia dan manusia. Berbagai kenangan tumpah diantara letusan senapan, runtuhan gedung, pelacuran dan nasib orang-orang dijalan.

Sebuah film yang mengocok perasaan, dari lubernya ingatan dari jalan yang sunyi dan tak berujung.  Cinta selalu punya jalan dalam merumuskan dirinya sendiri.

Poster Film "Libertarias" (1996)

Related

Resensi Film 8374777705673380708

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

item