MILISI ANARKO DI ERA JERMAN MODERN


Potongan adegan film "Der Baader Meinhof Komplex' (2008)

Oleh: John Heryanto

Paska kejatuhan Hitler dan Nazi, Jerman tidak baik-baik saja. Sehingga kalangan intelektual muda khususnya di Jerman Barat menghimpun diri menjadi ‘gerilyawan urban’ dalam kolektiv Fraksi Pasukan Merah ‘Red Army Faction’ (1970-1998) yang terdiri dari jurnalis, mahasiswa perfileman, pengacara hingga anggota Partai Komuis Jerman. Sebuah kelompok yang bergerak liar dari kota ke kota menyerang pemerintah, korporat dan imprealis asing. Dan  pemerintah menyebutnya sebagai gangster ‘Baader-Meinhof’. Sebuah kelompok yang bercita-cita menumbangkan rezim kapitalis Krut Greog Keisinger, mantan anggota Nazi.

Potongan Adegan " Der Baader Meinhof Komplex" (2008)
Film doku-drama ‘Der Baader Meinhof Komplex’ (2008) garapan Uli Edel yang diadaptasi dari buku yang berjudul sama ‘Der Baader Meinhof Komplex’ karya Stefan Aust, ditulis dan diproduseri oleh Bernand Eicheinger.

Film yang masuk nominasi Oscar 2009 ini, dibuat oleh Uli Edel sebagai cara untuk mengingat kelompok tersebut dalam sejarah Jerman modern dan pergolakan dunia di tahun 70an yang tidak hitam putih. Dimana kelomok ‘RAF’ menjalin komunikasi dengan kelompok sayap kiri lainya di dunia seperti: Action Direct di Prancis, Palestine Libration Organization dan Popular Front the Libration of the Palestine di Palestina,  Comunist Combatan Cell di Belgia, dan Brigate Rosse di Italia dan lain sebagainya.


Poster Film "Der Baader Meinhof Komplex" (2008)

Film yang berdurasi 150 menit ini hadir dengan potongan potongan berita di televisi tentang aksi yang dilakukan RAF dan berbagai peristiwa lainnya yang terkait di masa tersebut, Reka adegan (drama) tentang aktifitas RAF dari demonstrasi, strategi, dan lain sebagianya berdasarkan temuan dan data. Tercacat sebanyak 34 jiwa yang dilenyapkan oleh RAF dalam aksi baku hantam saat demonstrasi dan penyerbuan mulai dari Panglima Militer, Pengusaha/ pemilik korporat dan pejabat pemerintahan. di kalangan RAF sendiri semuanya berakhir di penjara dan ditembak mati.

Film “Deer Baader Mainhof Komplex” dimulai dengan matinya seorang demonstran yang ditembak oleh Militer Jerman saat aksi menolak kedatangan Sah Iran ke Jerman tahun 1967 dan film pun berakhir ketika satu-satu aktifis RAF mati.

Film yang sarat dengan kekerasan, dari gejolak dan kemelut antara barat dan timur yang dimulai dengan perang Vietnam. Sebuah Jerman dari sisi yang lain.

“Mengapa setengah penduduk bisa hidup mewah dan yang lainnya kelaparan?”
                                                                  (Ulrike Meinhoff - Der Baader Mainhof Komplex)

Related

Resensi Film 7730662412225226654

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

item