SISWA ANARKO SETELAH LIBURAN SEKOLAH


Potongan Film" Zero de Conduite" (1933) by Jean Vigo

Oleh: John Heryanto


“Zero de Conduite”
(1933) merupakan film eksperimen dengan kisah naratif yang berangkat dari ingatan masa kecil sutradara, Jean  Vigo. Kisah tentang 4 siswa asrama sejenis Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang kembali masuk ke sekolah setelah hari libur usai. Setelah libur itulah ia akhirnya menyadari bahwa sekolah hanyalah alat untuk mendisiplinkan manusia agar tunduk dan patuh semata, tidaklah bertujuan untuk membawa siswa kepada pembebasan. Tanpa bernegosiasi keempat siswa tersebut, di tengah malam buta melancarkan ‘direct action’.  Merka pun keluar dari dari sekolah setelah menghancurkan kamar-kamar asrama serta mengikat para guru yang sedang tidur di ranjang. 


Film hitam putih ini, sepintas penonton akan ingat lagu “Another Brick In The Wall” dari Pink Plyoid. Tentunya dengan citarasa yang berbeda.  Gambar-gambar yang penuh metapor, seperti jatuhnya juru kamera di persimpangan jalan, adegan perang bantal yang yang lambat, kursi dan sebuah pas bunga yang bawa ke atap bangunan serta teknik pengambilan gambar yang banal.

Film yang berdurasi 41 menit, ditulis disutradari serta diproduseri sendiri oleh Jean Vigo. Memang film ini tidaklah begitu populer di penonton film pada umumnya, namun film ini banyak mempengaruhi atau menginsiparsi gerakan film ‘French New Wave’. semisal film “400 Blow” (1959) garapan Francois Roland Tufaut  yang secara terbuka mengakui terinspirasi bahkan mengambil potongan film “Zero Conductor” ke dalam filmnya sebagai sebuah penghormatan.

Untuk menemani masa-masa liburan akhir semester, kiranya film ini dapat menjadi pilihan untuk menonton di rumah masing-masing.

Selamat Tahun Baru.      

Related

Resensi Film 4199228352823343877

Posting Komentar

emo-but-icon

Google+ Badge

Google+ Followers

Hot in week

item