FESTIVAL TEATER REMAJA 6 RESMI DIBUKA

IMG20180422123521
Zaeni B. Wastap perwakilan Fakultas Seni Pertunjukan memukul jimbe, sebagai simbol dibukanya FTR 6
Minggu (22/4)
 foto oleh Fahadpa



DAUNJATIONLINE.COM - Minggu, (22/4) Alunan suara perkusi di Gedung Kesenian Sunan Ambu Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung terdengar bising namun menggetarkan hati dan melelehkan jiwa. Itu bertanda sebagai simbol festival teater remaja keenam se-Jawa Barat dan Banten segera resmi dibuka. Lalu, pintu Gedung Kesenian Sunan Ambu terbuka dan para penonton memasuki gedung pertunjukan sembari diiringi oleh empat pemain perkusi. Penonton terlihat antusias dan terhibur menikmati hentakan perkusi yang dimainkan pemain perkusi. Selain itu para pemain perkusi mengajak para penonton untuk berkolaborasi, dengan cara menepuk tangan sembari mengikuti nada yang dikeluarkan dari alat musik jimbe dan drum yang ada di atas panggung.

IMG20180422122347
Pembukaan FTR 6, Minggu (22/4)  foto oleh Fahadpa


Pertunjukan tadi merupakan rangkaian acara pembukaan FTR 6 (Festival Teater Remaja) se-Jawa Barat dan Banten yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teater (KMT) ISBI Bandung, pada tanggal 22 April 2018 yang dimulai pukul 12.00 wib sampai 13.30 wib, di gedung kesenian Sunan Ambu ISBI Bandung. Acara pembukaan  ini juga sebagai bentuk dari rangkaian acara pertama dari beberapa rangkain acara FTR 6. Festival Teater Remaja (FTR) se-Jawa Barat merupakan progam rutin yang dilaksanakan dua tahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teater yang dinamai  KMT (Keluarga Mahasiswa Teater). FTR ini sudah berjalan yang ke-enamsejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 . FTR ini merupakan wadah pertemuan kelompok teater remaja tingkat SMA maupun SMK, sebagai ruang kreatif  serta menjadi arena pembacaan terhadap kondisi sosial dan lingkungan yang terjadi dikalangan teater pada tingkat remaja se-Jawa Barat dan Banten.

IMG20180422124746
Sambutan Ketua Pelaksana FTR 6  foto oleh Fahadfa

Riyanti selaku ketua pelaksana FTR VI pada pembukaan ini memberi sambutan dan laporan kegiatan serta menjelaskan tema yang dijalankan FTR pada tahun ini. Yaitu, “Ada Apa Dengan Z?“, dengan maksud melihat realita bahwa para Generasi Z lebih akrab dengan kemajuan teknologi, sesuatu yang cepat, serba global, dan akses mudah kepada apapun.
Kondisi ini akan berhadapan dengan realita sosial yang ada di sekitarnya. Moral, norma, sekolah, keluarga, agama, dan gairah remaja itu sendiri yang terus bergesekan di setiap harinya. Riyanti berharap hal-hal itu akan muncul meramaikan FTR 6.  Keresahan, kenakalan, eksperimen, bahkan curhatan dari para remaja, yang bisa kita semua saksikan hadir di atas panggung, ujar Riyanti dengan nada penuh percaya diri. Pada FTR tahun ini peserta yang lolos dari tahap kurasi sebanyak 20 peserta dari 24 peserta yang mendaftar. Setelah itu pemberian sambutan dari ketua KMT (Keluarga Mahasiswa Teater). Ia berharap dengan terselenggaranya acara FTR 6 ini para remaja dapat mengembangkan bakat dan daya kreatifitasnya secara optimal serta mengeksplorasi masa keremajaannya dengan hal-hal yang positif.
Pembukaan FTR 6 ini dihadiri oleh peserta dan penonton yang berasal dari lingkungan kampus ISBI Bandung, mahasiswa kampus lain sekitar Bandung dan para siswa SMA.
Tanggal 22 April hingga 29 April 2018 FTR 6 akan menampilkan 20 peserta dari berbagai daerah. Di antaranya:
1. Teater Awal Garut (SMAN 6 Garut)
2. Teater Hujan Gerimis (Kota Bandung)
3. Teater Tasbe (SMAN 1 Baleendah)
4. Teater Bahtera (SMAN 8 Kab Tangerang)
5. Bengkel Sastra (SMAN 1 Majalaya)
6. Bale Seni Tarate (SMAN 1 Cikande)
7. Teater Munggaran (SMKN 1 Garut)
8. Teater Aksi (SMKN 15 Bandung)
9. Teater FatamorganART (Kab Bandung)
10.Teater Smadasa (SMAN 1 Dayeuh Kolot)
11. Teater Eskalapa (SMKN 8 Pandeglang)
12. Teater Kompeni (SMKN 1 Bogor)
13. Sanggar Seni Windu (SMAN 8 Kota Serang)
14. Teater Cikal (Kab Bandung)
15. Teater Gawe (SMK N 3 Tasikmalaya)
16. Seni Smansaka (SMAN 1 Karawang)
17. (SMK Taruna Terpadu 1 Kab Bogor)
18. Teater Satu Jam (SMAN 1 Telukjambe)
19. Teater Tambang (SMA Bina Muda Cicalengka)
20. Teater Terajana (SMA IT Raudhatul Jannah Cilegon)

[Fahadfa Alfaj, Wartawan Magang]

Related

Teater 9218406512043958179

Posting Komentar

emo-but-icon

item