DISKUSI PUBLIK NEWYORK AGREEMENT & SITUASI NDUGA




Tanggal 15 Agustus 1962, Belanda dan Indonesia melakukan penandatanganan Perjanjian New York yang dikenal dengan New York Agreement. New York Agreement membahas penyelesaian sengketa wilayah West New Guinea (Papua Barat). Perjanjian tersebut hanya melibatkan tiga negara diantaranya Indonesia, Belanda, dan Amerika Serikat, yang tanpa melibatkan satu pun perwakilan rakyat Papua. Sedangkan perjanjian tersebut menentukan berlangsungnya hajat hidup rakyat Papua.

Masa depan wilayah Papua Barat diatur dalam perjanjian yang berisi 29 pasal. Pasal 14-21 mengatur mekanisme penentuan nasib sendiri (self determination), mengacu pada praktik hukum internasional: satu orang satu suara (one man one vote). Ada pun pasal 12 dan 13 mengatur peralihan administrasi dari badan pemerintahan sementara PBB (UNTEA) kepada Indonesia. Tapi pada kenyataannya Indonesia malah melakukan pencaplokan wilayah dengan berbagai operasi militer dan pemberangusan gerakan pro kemerdekaan rakyat Papua.

Newyork agreement yang melahirkan Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) pun tidak dijalankan dengan sesuai, banyak kecacatan dan tidak demokratis dalam prakteknya. Aneksasi Papua Barat ke Indonesia dengan cara tidak demokratis dan penuh manipulatif ini minumbalkan berbagai dampak, salah satunya operasi militer yang terus hadir hingga hari ini. 
Operasi Biak, Operasi Mapenduma, hingga yang terjadi hari ini sejak Desember 2018 yaitu Operasi di Nduga. Alih-alih memburu TPN-OPM, operasi tersebut justru memakan korban sipil. Ribuan warga Nduga terpaksa harus mengungsi ke luar wilayah dan tidak sedikit dari mereka yang mengungsi ke hutan. 
Maka, dalam rangka peringatan 57 tahun New York Agreement yang ilegal dan merespond situasi di Nduga, kami mengundang kalian semua untuk hadir dalam diskusi terbuka yang akan diselenggarakan:

Hari, tanggal : Rabu, 14 Agustus 2019 
Jam : 14.00 - sampai selesai
Tempat : belakang sunan ambu ISBI Bandung

Related

Demokrasi 5093267413132822399

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

item