MAKLUMAT DEWAN PENASEHAT LPM DAUNJATI ISBI BANDUNG



Maklumat ini ditujukan kepada seluruh anggota Daunjati dan untuk diketahui oleh civitas akademika ISBI Bandung dan pihak - pihak terkait.

Menyikapi peristiwa pembatalan diskusi "New York Agreement dan Situasi Nduga" yang setidaknya digelar pada tanggal 14 Agustus 2019 oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dunjati dan dampak negatif paska peristiwa tersebut, sehingga berpotensi mengganggu kinerja LPM Daunjati, Maka Dewan Penasihat LPM Daunjati perlu untuk mengeluarkan maklumat yang diturunkan dalam sejumlah point berikut:
  1. Seluruh anggota LPM Daunjati untuk kembali pada khittah, fokus pada kerja-kerja jurnalistik.
  2. Seluruh anggota Daunjati memiliki tanggung jawab mengangkat ekspresi kesenian dalam kampus ISBI Bandung pada wilayah diskursif.
  3. Pengurus Daunjati harus bekerja secara lebih efisien dalam pengkaderan.
  4. Mengecam tindakan persekusi dan tindakan intimidatif yang dilakukan organisasi massa dan pihak aparat, bahwa kegiatan diskusi dan acara - acara yang pada dasarnya menyatakan pendapat adalah dilindungi undang - undang tentang kebebasan menyatakan pendapat.
  5. Tidak ada satu pun lembaga yang boleh mengintervensi kerja internal Daunjati, seluruh pihak yang mengatasnamakan Ikatan Alumni sewajarnya melihat Daunjati sebagai Lembaga Pers Mahasiswa yang independen dan memiliki mekanisme organisasinya sendiri. Relasi Ikatan Alumni dengan organisasi mahasiswa bersifat kultural tinimbang struktural, permintaan Ikatan Alumni agar Daunjati meminta maaf karena dianggap telah mencemarkan nama baik almamater harus ditolak.
  6. Pendapat anggota Daunjati tentang menentukan nasib sendiri (MNS), adalah pendapat pribadi, bukan pernyataan organisasi.
  7. Maklumat ini sama sekali bukan larangan supaya Daunjati tidak ikut memikirkan persoalan Papua, malah mendorong agar anggota Daunjati menjalin hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat Papua (terutama di Bandung) meminimalisir kemungkinan tindakan - tindakan persekusi dan rasisme.
  8. Daunjati ikut mendorong penyelesaian yang lebih manusiawi terhadap Papua, mendukung lembaga independen dalam penyelesaian kasus - kasus hak asasi manusia (HAM) di Papua.
  9. Seluruh anggota Daunjati harus menjaga atmosfir keberagaman di dalam internalnya sendiri, termasuk menghormati anggota yang tidak masuk pada isu-isu tentang Papua.
  10. Penerbitan harus dilaksanakan dengan segera, maksimal 30 hari setelah maklumat ini diumumkan. Jika gagal memenuhi deadline, sesuai AD/ART Daunjati, maka segera dilaksanakan rapat besar untuk membahas pembubaran organisasi.
  11. seluruh point-point di atas harus segera dilaksanakan, jika hal - hal yang mengganjal dan dirasa perlu untuk didiskusikan, silahkan mengadakan pertemuan khusus di Bar Dangdut di Jalan Braga atau di Jalan Cibadak. mendiskusikan hal - hal penting sambil mendengarkan suara merdu biduan adalah metode eksperimental yang perlu dicoba, apakah setelah mendengar suara merdu dan menggoda pikiran - pikiran kita masih sehat? Diskusi boleh dilaksanakan sambil goyang!

Bandung, 11 September 2019

Dewan Penasehat 

Ttd:
Taufik Darwis, Semi Ikra Anggara, Riyadhus Shalihin

Related

Kampusiana 9085524488083862235

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

item